Sabtu, 31 Desember 2011

contoh surat bisnis (2)





Contoh Surat Pengumuman Pengunduran Diri Partner Perusahaan

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapi tugas untuk membuat Contoh Surat Pengumuman Pengunduran Diri Partner Perusahaan . Tampak sepele sih, tapi surat ini sangat penting untuk memberikan semacam pengumuman kepada khalayak yang kita tuju, jika surat yang kita sampaikan kurang baik, banyak kemungkinan surat akan diabaikan. Nhah, untuk lebih jelasnya, mari kita lihat langsung Contoh Surat Pengumuman Pengunduran Diri Partner Perusahaan berikut:



_______,  ___  _______ 2010


Kepada,
Yth. _____________
Jln. ______________


Dengan hormat,


Bersama dengan ini, saya mengajukan pengunduran diri sebagai partner perusahaan Anda tertanggal …. Pengunduran diri ini diajukan dengan alasan …………………….. Saya mengucapkan banyak terima kasih karena telah menjalin kerja sama yang baik selama lima tahun dengan perusahaan Anda. Semua laporan keuangan yang berhubungan dengan perusahaan Anda akan saya kirimkan selambat-lambatnya …….. setelah surat ini diterima.

Saya berharap semoga perusahaan Anda dapat terus berkembang lebih baik dan sukses menggapai keberhasilan.


Hormat saya,


……………….




SURAT PERNYATAAN DOMISILI PERUSAHAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

-    Nama    :   
    Tempat/tanggal Lahir    :
    Alamat    :
    No. KTP    :
Selaku Pemegang/Pemilik ……(………………..) saham dalam Perseroan.

-    Nama    :   
    Tempat/tanggal Lahir    :
    Alamat    :
    No. KTP    :
Selaku Pemegang/Pemilik ……(……………...) saham dalam Perseroan.

Dengan ini menyatakan bahwa PT. ….., berkedudukan di …………………. adalah benar berdomisili di Jl. ……… No. ..., RT. …, RW. ..., Kelurahan ……….., Kecamatan ………., Kota/Kabupaten …………….

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, tanpa paksaan dari siapapun juga..


…………….., ……………2011


Meterai Rp. 6000,-


………………………    ……………………………





SURAT PERNYATAAN SETOR MODAL PT


Yang bertanda tangan di bawah ini :

-    Nama    :   
    Tempat/tanggal Lahir    :
    Alamat    :
    No. KTP    :
Selaku Pemegang/Pemilik ……(………………..) saham dalam Perseroan.

-    Nama    :   
    Tempat/tanggal Lahir    :
    Alamat    :
    No. KTP    :
Selaku Pemegang/Pemilik ……(……………...) saham dalam Perseroan.

Dengan ini menyatakan bahwa modal perseroan sebesar Rp………………..(……………………………..) telah disetorkan ke dalam kas perseroan terbatas PT………, berkedudukan di …………dan akan disetorkan ke rekening perusahaan setelah Surat Keputusan Pengesahan Perusahaan ditandatangani.

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya, tanpa paksaan dari siapapun juga..


…………….., ……………2011


Meterai Rp. 6000,-


………………………    ……………………………






SURAT PERJANJIAN SEWA/KONTRAK RUMAH

Pada hari ini, tanggal (tanggal, bulan, tahun), kami yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama         : ……………………………. 
Alamat        : ……………………………. (sesuai KTP)
No. kontak    : …………………………….

Dalam hal ini, bertindak untuk dan atas namanya sendiri. Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai pihak kesatu.

Nama        : …………………………….
Alamat        : …………………………….
Pekerjaan    : …………………………….
No. kontak    : …………………………….

Dalam hal ini, bertindak untuk dan atas namanya sendiri. Selanjutnya dalam perjanjian ini disebut sebagai pihak kedua.

    Dalam hal ini, pihak kesatu menyewakan/mengontrakkan rumah tinggal kepada pihak kedua dengan spesifikasi, yaitu sebuah bangunan, dinding batu bata, atap genteng, lantai keramik, berikut aliran listrik, air PAM, dan sambungan telepon yang beralamat di Jln. .……. (alamat rumah yang disewakan). Sewa tersebut dilangsungkan dan diterima dengan harga Rp…………….,- selama satu tahun. Terhitung mulai tanggal ………. s/d ………... Uang sewa yang telah dibayarkan secara tunai oleh pihak kedua kepada pihak kesatu. Dengan demikian pihak kedua sebagai pengontrak bersedia mematuhi hal-hal di bawah ini.

a)    Rumah yang disewakan tidak dijaminkan atau digadaikan untuk pelunasan suatu hutang oleh pihak kedua.
b)    Rumah yang disewa tidak disewakan lagi kepada orang lain.
c)    Pihak kedua wajib memelihara dan memperbaiki kerusakan-kerusakan rumah yang disewa selama masa kontrak.
d)    Rumah yang disewakan tersebut sebagai rumah tinggal. Apabila di kemudian hari dipergunakan untuk hal-hal yang dapat menyalahi atau melanggar hukum, di luar tanggung jawab pihak kesatu.
e)    Tidak diperbolehkan menambah  atau mengurangi bangunan tersebut kecuali ada kesepakatan atau persetujuan dari pihak kesatu.
f)    Apabila dikehendaki dan disepakati oleh kedua pihak, pihak kedua dapat memperpanjang kontrak/sewa dengan harga sewa dan syarat-syarat yang akan ditetapkan kemudian secara musyawarah dan mufakat sekurang-kurangnya dua bulan sebelum masa sewa berakhir.
g)    Apabila perjanjian sewa-menyewa ini berakhir, pihak kedua harus mengembalikan rumah tersebut dalam keadaan kosong, rekening listrik, air (PAM), dan rekening telepon telah dilunasi serta terpelihara baik, tepat pada waktunya kepada pihak kesatu.

    Demikian surat perjanjian ini dibuat atas persetujuan kedua pihak, yaitu pihak pertama dan pihak kedua, secara musyawarah dan mufakat serta dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Surat perjanjian ini ditandatangani dalam rangkap 2 (dua), keduanya mempunyai kekuatan hukum yang sama.

_______,  ___  _______ 2010

Pihak Pertama                                Pihak Kedua
TTD A                             Materai & TTD B
(Nama lengkap penyewa)                    (Nama lengkap yang menyewa)




Contoh Surat Izin Mendirikan Perusahaan

Surat menyurat kedinasan cakupannya sangat luas, dan cukup kompleks. Alur birokrasi membutuhkan surat dinas yang baik, karena surat dinas ini yang akan dijadikan bukti hukum untuk setiap tindakan yang diambil dalam suatu organisasi pemerintahan ataupun perusahaan swasta. Termasuk Contoh Surat Izin Mendirikan Perusahaan, juga harus kita pahami cara pembuatannya. Nhah untuk lebih memahaminya, berikut Contoh Surat Izin Mendirikan Perusahaan :



_______,  ___  _______ 2010

Perihal    .   : ………..
Lampiran.: …………


Kepada,
Yth. _____________
Jln. ______________


Dengan Hormat,

    Perusahaan kami yang bergerak di bidang…….. telah berjalan selama …………. tahun hingga kini. Merujuk pada peraturan pemerintah No…….. bahwa perusahaan yang ada harus mendapatkan kekuatan hukum atau legalitas. Dengan ini, kami mengajukan izin untuk mendirikan perusahaan sesuai dengan PP No. ………..

    Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kesediaan Anda untuk memberikan kemudahan dan menginformasikan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk kepentingan pendirian perusahaan. Balasan segera dari Anda sangat kami harapkan.


Atas perhatiannya, kami ucapkan banyak terima kasih.


Hormat kami,


……………….
……………….







 NOTULEN RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM LUAR BIASA ( RUPS )

PT. INDONESIA MUSLIM BERSATU

BERKEDUDUKAN DI JAKARTA SELATAN





Hari    :

Tanggal :

Jam     :

Tempat  :  Kantor Perseroan

          Jl. Ganding Indah Muslim Raya No. 9 C Jakarta Selatan.

Acara   :  1. Peningkatan Modal Dasar.

    Peningkatan Modal Disetor dan Ditempatkan.
    Hal-hal lain yang dianggap perlu.



Hadir dalam Rapat :

    SITA NONORI VIANA, ST, bertempat tinggal di Plengkung Indah 871, Plengkung Indah 871, RT. 099, RT. 005, Kel. Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Yogyakarta, selaku :
        Direktur Perseroan.
        Pemilik/pemegang 24.000 (dua puluh empat ribu) lembar saham dalam Perseroan.



    Dra. Hj. INDAH PRAMESWARA, bertempat tinggal di Jl. Ahmad Sentanu KM 30,5 No. 18, RT. 108, RW. 024, Kel. Indah Mekar,             Kec. Jakarta Timur, Jakarta, selaku :
        Komisaris Perseroan.
        Pemilik/pemegang 1.000 (seribu) lembar saham dalam Perseroan.



- SITA NONORI VIANA, ST, dalam jabatannya sebagai Ketua Rapat membuka rapat dan memberitahukan terlebih dahulu :



-Bahwa untuk mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa ini tidak diperlukan pemanggilan terlebih dahulu karena sebelumnya sudah diketahui.



-Bahwa dalam rapat ini telah hadir dan diwakili sebanyak 25.000 (dua puluh lima ribu) lembar saham yang merupakan seluruh saham yang telah ditempatkan dalam Perseroan.



-Bahwa oleh karena itu rapat ini berdasarkan ketentuan Pasal 10 ayat 1 anggaran dasar Perseroan adalah sah dan dapat mengambil keputusan yang mengikat karena segala persyaratan yang ditetapkan dalam anggaran dasar Perseroan telah dipenuhi.



-Oleh karena acara rapat telah diketahui oleh para peserta rapat, maka Ketua Rapat setelah memberikan penjelasan dan dilanjutkan dengan tanggapan dari para peserta rapat, maka rapat dengan secara bulat menyetujui dan memutuskan hal-hal sebagai berikut :

    Menyetujui untuk meningkatkan modal dasar Perseroan yang semula sebanyak 100.000 (seratus ribu) lembar saham atau sebesar Rp.50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) menjadi sebanyak 1.100.000 (satu juta seratus ribu) lembar saham atau sebesar Rp.550.000.000,00 (lima ratus lima puluh juta rupiah).



    Menyetujui untuk meningkatkan modal ditempatkan dan disetor yang semula sebanyak 25.000 (dua puluh lima ribu) lembar saham dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp.12.500.000,00 (dua belas juta lima ratus ribu rupiah) menjadi sebanyak 1.100.000 (satu juta seratus ribu) lembar saham dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp.550.000.000,00 (lima ratus lima puluh juta rupiah).

-Dari peningkatan modal ditempatkan dan disetor tersebut yang penambahannya sebanyak 1.075.000 (satu juta tujuh puluh lima ribu) lembar saham atau sebesar Rp.537.500.000,00 (lima ratus tiga puluh tujuh juta lima ratus ribu rupiah), telah diambil bagian dan disetor penuh oleh para pemegang saham :

    SITA NONORI VIANA, ST, sebanyak 1.032.000 (satu juta tiga puluh dua ribu) lembar saham atau sebesar Rp.516.000.000,00 (lima ratus enam belas juta rupiah);
    Dra. Hj. INDAH PRAMESWARA, sebanyak 43.000 (empat puluh tiga ribu) lembar saham atau sebesar Rp.21.500.000,00 (dua puluh satu juta lima ratus ribu rupiah);

-Sehingga dengan demikian susunan pemegang saham Perseroan setelah diadakan peningkatan modal ditempatkan dan disetor adalah sebagai berikut :

    SITA NONORI VIANA, ST, sebanyak 1.056.000 (satu juta lima puluh enam ribu) lembar saham dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp.528.000.000,00 (lima ratus dua puluh delapan juta rupiah);
    Dra. Hj. INDAH PRAMESWARA, sebanyak 44.000 (empat puluh empat ribu) lembar saham dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp.22.000.000,00 (dua puluh dua juta rupiah);

-Jumlah seluruhnya sebanyak 1.100.000 (satu juta seratus ribu) lembar saham dengan nilai nominal seluruhnya sebesar Rp.550.000.000,00 (lima ratus lima puluh juta rupiah).



Lain-lain/Penutup.

Direksi dan

baik bersama-sama maupun masing-masing sendiri-sendiri diberi kuasa dengan hak substitusi oleh rapat untuk menyatakan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa Perseroan ini dalam akta notaris, untuk itu memberikan keterangan-keterangan, membuat serta menandatangani segala surat/akta yang diperlukan, melaporkan, mendaftarkan, memilih tempat kediaman hukum, singkatnya melakukan segala tindakan apapun juga untuk maksud tersebut, tidak ada yang dikecualikan.



Setelah Ketua Rapat mengajukan pertanyaan dan ternyata tidak ada hal-hal lain yang diajukan dan dibicarakan lagi dalam rapat, maka Ketua Rapat menutup rapat ini.





Kami yang hadir dalam Rapat







Meterai

Rp. 6000,-







    SITA NONORI VIANA, ST















    Dra. Hj. INDAH PRAMESWARA













Tidak ada komentar:

Posting Komentar